MANAJEMEN
STRATEJIK
“ Analisa Strategi
Perusahaan PT. Panen Lestari Internusa
(SOGO DEPT. STORE)”
PROFIL PERUSAHAAN
PT. Panen Lestari
Internusa (SOGO Galaxy Mall Surabaya)
Jln. Dharmahusada
Indah Timur 35-37 Surabaya (60115)
Didirikan pada 26
september 2006
Sogo didirikan pada Tahun 1830 di
Osaka, Jepang oleh MR. IHEI SOGO. Sogo merupakan department store
berantai yang mengoperasikan sebuah jaringan ekstensif atas cabang – cabangnya,
yang berpusat di Jepang.
Sogo memiliki toko – toko di
berbagai lokasi di beberapa negara seperti di Jakarta, Tangerang, Bandung,
Surabaya, Medan, Samarinda, dan Bali di Indonesia. Beijing dan Hong Kong di Republik Rakyat Tiongkok, Taipei di Taiwan, Kuala Lumpur di Malaysia, Singapura, Bangkok di Thailand, dan London di Britania Raya, tetapi kebanyakan dari cabang – cabang
internasional tersebut saat ini dikendalikan oleh waralaba independen.
Sogo Departement Store merupakan salah
satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1990
dengan kantor perusahaan yang berlokasi di Wisma BNI 46, Jakarta, yang diakui
sebagai salah satu pengecer terkemuka bangsa.
Perusahaan ini menjual segala macam
produk fashion, peralatan rumah tangga dan lainnya dalam satu tempat. Image
yang mereka miliki adalah sebuah toko serba ada yang menjual barang-barang
berkualitas tinggi rancangan para desainer dunia.
Sogo di indonesia memiliki 16
department store yang berlokasi di lima (7) kota besar di Indonesia, meliputi:
Jakarta, yang terletak di Mall Kelapa Gading, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall
2, Central Park, Emporium Pluit, Lippo Mall Puri, Kota Kasablanka dan Alam
Sutra, Bandung, yang terletak di Paris Van Java, Surabaya, berlokasi di Plaza
Tunjungan 4 dan Galaxy Mall, Bali, yang terletak di Bali Collection dan Bali
Discovery, Medan, yang terletak di Sun Plaza. Samarinda, yang terletak di Big
Mall Samarinda. Dan yang terbaru Balikpapan, yang terletak di Balikpapan
Superblock.
- Lingkaran (Maru) yang berarti Tiada Akhir.
- Simbol tengah (Chikiri) yang berarti Simbol Keberuntungan karena garis-garis dalam rancang gambar disusun tanpa terputus.
Jadi arti keseluruhan dari lambang SOGO adalah Simbol Keberuntungan Yang
Tiada Akhir.
MOTTO DASAR SOGO
1. Service With a Smile (Melayani dengan senyum)
2. Lively Service (Layani dengan semangat)
3. Prompt Service (Melayani dengan segera)
VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN (SOGO Dept. Strore)
VISI
To be Indonesia’s top retail marketing
company of premier lifestyle brands
and quality products. (Menjadi perusahaan pemasaran ritel terkemuka di Indonesia untuk
merek-merek gaya hidup dan produk-produk berkualitas).
MISI
We strive to exceed the aspiration of our valued customers for a healthy
and more fulfilling lifestyle by providing them with: (Kami berupaya keras memenuhi bahkan
melampaui harapan pelanggan akan kebutuhan gaya hidup yang sehat dan memuaskan dengan menyediakan)
:
a. a, The latest and
most innovative products. (Produk-produk
yang terbaru dan palin inovatif).
b. The most exciting shopping experience and ambience. (Memberikan pengalaman berbelanja yang paling mengesankan).
c. Unsurpassed customer service. (Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan).
d. The best value for money (Memberikan nilai yang sesuai dengan uang yang dikeluarkan).
TUJUAN
1. One Stop Departement Store. Yakni
menjadi satu-satunya Departement Store yang dapat mengombinasikan antara
Departement Store dengan Specialties Store.
2. Meningkatkan target penjualan disetiap tahunnya sebesar 20%.
3. Menyediakan berbagai fasilitas dan meningkatkan pelayanan untuk tercapainya
kepuasan pelanggan.
4. Memberikan strategi kepada pelanggan untuk memudahkan dalam melakukan
aktivitas berbelanja.
5. Memperluas kerja sama dengan retail terbesar di Indonesia yaitu MAP (Mitra
Adi Perkasa, Tbk)
SASARAN
· One Stop Departement
Store. Yakni menjadi satu-satunya Departement Store yang dapat mengombinasikan
antara Departement Store dengan Specialties Store.
1. Selain Departement store
adanya Specialties Store seperti Planet Sport yang menyediakan peralatan
olahraga produk fashion yang menampilkan puluhan merek terkenal dan
pakaian anak-anak.
2.
Bekerjasama dengan Mark
and Spencer yang juga dilengkapi dengan pakaian dewasa, anak-anak, parfum, tas
dan masih banyak lainya.
3. Juga ditunjang dengan
tersediannya layanan F&B seperti Starbucks, sebagai tempat santai ketika
lelah berbelanja.
·
Meningkatkan target
penjualan disetiap tahunya sebesar 20%.
1. Melakukan evaluasi
disetiap bulan, dengan melakukan perbandingan antara bulan ini dengan
sebelumnya. Departement Cosmetic dan Mens Wear yang memiliki omzet terbanyak
setiap minggunya berkisar antara Rp. 350 jt-560 jt. Dengan kenaikan target yang
setiap bulan naik.
2.
Mengevaluasi apabila
terjadinya penurunan omzet di setiap Brand dengan mencari penyebab sehingga
dapat melakukan perbaikan agar mencapai target yang diberikan. Misalkan dengan
cara mereview barang new arrival, menambah stock barang fast moving, menambah
discount untuk menarik pelanggan.
3. Mengadakan event-event
menarik seperti discount up to 70%, Cash Bonus, Lukcy dip dll. kurang lebih 7
kali dalam setahun untuk menarik minat pelanggan untuk berbelanja di Sogo.
·
Menyediakan berbagai fasilitas
dan meningkatkan pelayanan untuk tercapainya kepuasan pelanggan.
1.
Menyediakan Wrapping bagi
customer yang ingin membungkus belanjaanya.
2.
Menyediakan Alteration
sebagai tempat permak pakaian bagi customer yang ingin memermak belanjaanya
dengan hanya menunggu sejam dengan biaya dan jasa Free.
3.
Adanya kursi roda bagi
customer sebaya yang membutuhkan untuk berbelanja dan bisa berjalan-jalan di
Sogo.
·
Memberikan strategi
kepada pelanggan untuk memudahkan dalam melakukan aktivitas berbelanja.
1.
Adanya Gift Voucher
sebagai alat pembayaran yang berupa kertas yang hanya bisa digunakan di SOGO
Dept. Store.
2.
Selain itu, ada pula Gift
Card sebagai alat pembayaran yang berupa kartu seperti halnya ATM yang dapat di
isi ulang dan di gesek untuk melakukan transaksi dan hanya dapat digunakan di
SOGO Dept. Store.
·
Memperluas kerja sama
dengan retail terbesar di Indonesia yaitu MAP (Mitra Adi Perkasa, Tbk).
1.
Memudahkan customer untuk
memperoleh benefit dari berbelanja di SOGO Dept. Store dengan cara mendapatkan
point dari Member SOGO, dimana mulai dari September 2016 SOGO bekerjasama
dengan MAP, sehingga Member SOGO tidak hanya bisa dipakai di SOGO tetapi juga
dapat digunakan di store-store MAP. Sehingga customer akan lebih mudah
mengumpulkan dan menggunakan pointnya.
2.
Selain itu pula, hanya
dengan menyebutkan nomor telepon, member secara otomatis bisa langsung masuk
saat akan digunakan untuk pembayaran.
ANALISIS VISI, MISI, TUJUAN dan SASARAN dengan KARAKTERISTIK SMART (SOGO Dept. Store).
SIMPLE :
Secara
keseluruhan visi, misi, tujuan dan sasaran sangatlah sederhana dan mudah
dipahami oleh seluruh manajemen perusahaan SOGO Dept. Store dan secara
keseluruhan dapat menggambarkan perusahaan tersebut. Ini terlihat dari
kesuksesan SOGO mampu membuktikan kepada masyarakat dengan memiliki 16 cabang
yang tersebar di Indonesia. Dan akan membuka cabang-cabang lainnya.
MEASURABLE :
Dari
visi, misi, tujuan dan sasaran memiliki ukuran yang relatif untuk dilaksanakan.
Sehingga dapat memotivasi dan menjadikan karyawan yang kompeten dan memiliki
daya saing yang tinggi. Terbukti dalam perkembangannya, SOGO untuk Departement
Cosmetic dan Mens Wear mampu memperoleh omzet terbanyak berkisar antara Rp. 350
jt-560 jt setiap minggunya. Dan untuk tahun 2017 dan tahun-tahun selanjutnya
SOGO memberikan kenaikan target sebesar 20% untuk dapat memotivasi karyawan
agar memiliki kemampuan daya saing tinggi untuk dapat mencapai target.
APPLICABLE :
Dari
keseluruhan visi, misi, tujuan dan sasaran, karenanya mudah dipahami sehingga
mampu dilaksanakan oleh seluruh manajemen meliputi manajer, karyawan, staff dan
yang lainya. Ini terlihat dari penghargaan yang telah diperoleh SOGO Tahun
2004 & 2005 : SOGO Departement Store meraih “ Superbrands” Award untuk
kategori Departement Store. Dan Tahun 2007 : SOGO meraih IMAC ( Indonesia’s
Most Admired Companies ) Award 2007 untuk kategori Best Corporate Image. SOGO
berhasil mengaplikasikan semuanya dengan baik oleh seluruh manajemen sehingga
mampu memperoleh penghargaan tersebut. Dan ini tidak akan berhenti sampai
disini tetapi akan selalu meningkatkan kemampuannya untuk bisa
meraih penghargaan-penghargaan lainnya.
RELIABLE :
Dilihat
dari visi, misi, tujuan dan sasaran secara keseluruhan saling terkait dan
konsisten sehingga mudah untuk dapat direalisasikan. SOGO selalu sesuai
memngikuti perkembangan zaman untuk dapat memberikan kepuasan bagi
pelanggannya. Semua ini terbukti dengan melihat koleksi-koleksi produk yang
dijual selalu mengikuti trend masa sekarang dan dilengkapi dengan
fasilitas-fasilitas yang di berikan SOGO bagi pelangganya.
TIMEABLE :
Jangka
waktu yang hendak dicapai untuk mewujudkan visinya adalah 5 tahun kedepan tahun
2021. Tahun ini 2016, SOGO mampu bekerjasama dan menjadi rekan kerja retail
terbaik se Indonesia yaitu MAP (Mitra Adi Perkasa) yang memiliki beratus Brand
yang terkenal dengan kualitas terbaik yang sudah dikenal baik oleh masyarakat.
ANALISIS SWOT
STRONG :
SOGO
Dept. Store sebagai retail untuk kalangan menengah ke atas. Sehingga SOGO banyak menyediakan brand-brand merek internasional karenannya barang-barang yang
disediakan memiliki kualitas yang terbaik. Selain barang yang berkualitas,
fasilitas yang diberikan SOGO cukup baik untuk dapat memuaskan pelanggan.
WEAKNESS :
Karenanya menyediakan brand-brand terbaik. Sehingga produk-produk yang
dijual di SOGO memiliki harga
yang relative mahal-mahal dibandingkan dengan competitor lain.
OPPORTUNITY :
Dari kebanyakan customer dalam membeli suatu produk, mereka lebih mengutamakan kualitas
bahan, kenyamanan pemakaian dan awet dipakai. Dengan begitu meskipun dengan harga yang mahal tetapi
sebanding dengan kualitas yang diberikan, sehingga SOGO pilihan yang tepat untuk
mendapatkan barang seperti itu.
TREATS :
Mulai muncul banyaknya Dept. Store yang
sejenis yang mulai masuk sebagai competitor (pesaing) bagi SOGO. Itu merupakan
ancaman yang berat bagi persaingan pemasaran dalam
dunia retail.
Tetapi SOGO tetap konsisten dengan memberikan kualitas barang yang terbaik dan
menambah fasilitas dan pelayanan yang lebih baik.
DAYA SAING PT.
Panen Lestari Internusa (SOGO)
SUMBER DAYA YANG
DIMILIKI :
Sumber Daya Berwujud :
- Memiliki Store yang luas yang
digunakan untuk kegiatan sales.
- Memiliki 3 lantai yaitu Lantai
Ground, Lantai 1, dan Lantai 2.
- Memiliki 16 cabang
Store di Indonesia.
- Memiliki pilihan produk yang
beragam mulai dari cosmetic & fragrance, pakaian, sepatu, accesoris,
matras, dan peralatan rumah tangga.
- Memiliki segmentasi produk yang beragam mulai dari sekolah, bekerja, olahraga, dan stylish.
Sumber Daya Tak Berwujud :
- Tahun 2004 & 2005 : SOGO
Departement Store meraih “ Superbrands” Award untuk kategori Departement
Store.
- Tahun 2007 : SOGO meraih IMAC ( Indonesia’s Most Admired Companies ) Award 2007 untuk kategori Best Corporate Image.
Kumpulan Sumber daya yang memiliki keunggulan :
- Memiliki Store yang luas yang
digunakan untuk kegiatan sales.
- Memiliki 3 lantai yaitu Lantai
Ground, Lantai 1, dan Lantai 2.
- Memiliki 16 cabang
Store di Indonesia.
- Memiliki pilihan produk yang
beragam mulai dari cosmetic & fragrance, pakaian, sepatu, accesoris,
matras, dan peralatan rumah tangga.
- Memiliki segmentasi produk yang beragam mulai dari sekolah, bekerja, olahraga, dan stylish.
Kumpulan Sumber daya yang memiliki keunggulan bersaing :
- Memiliki
Store yang luas dan design yang menarik yang digunakan untuk kegiatan
sales.
- Memiliki pilihan produk yang
beragam mulai dari cosmetic & fragrance, pakaian, sepatu, accesoris,
matras, dan peralatan rumah tangga.
- Memiliki segmentasi produk yang
beragam mulai dari sekolah, bekerja, olahraga, dan stylish.
- SOGO Departement Store meraih “ Superbrands” Award untuk kategori Departement Store.
Kumpulan Sumber daya yang memiliki keunggulan bersaing
berkesinambungan :
- Memiliki
Store yang luas dan design yang menarik yang digunakan untuk kegiatan
sales.
- Memiliki pilihan produk yang
beragam mulai dari cosmetic & fragrance, pakaian, sepatu, accesoris,
matras, dan peralatan rumah tangga.
- Memiliki segmentasi produk yang beragam mulai dari sekolah, bekerja, olahraga, dan stylish.
Kumpulan Sumber daya yang memiliki daya saing laba diatas
rata-rata :
- Memiliki pilihan produk yang
beragam mulai dari cosmetic & fragrance, pakaian, sepatu, accesoris,
matras, dan peralatan rumah tangga.
- Memiliki segmentasi produk yang
beragam mulai dari sekolah, bekerja, olahraga, dan stylish.
ANALISIS VALUE
CHAIN
Kuisioner Internal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan ( Strength )
Kondisi Internal Perusahaan Strategic Advantage Profile (
SAP ) Weakness
Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Oppurtunity Profil (
ETOP ) Opportunity
Kondisi Eksternal Perusahaan Enviromental Threat and Oppurtunity Profil (
ETOP ) Threat
Diagram SWOT
Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal
tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung
dekat pada kuadran III sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis
dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari
masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
Matriks SWOT
MATRIK STRATEGI UMUM
Strategi Unit Bisnis
Strategi Unit Bisnis Diferensiasi
Value Chain Diferensiasi
Value Chain Berbasis Anggaran
Bisnis Proses Penjualan
Standar Operasional Prosedur (SOP)
Penjualan
Analisa Persaingan Pesaing Utama dan
Produk Pengganti
Competitive Advantage
Evaluasi Performance / KPI Program
Kerja


































Tidak ada komentar:
Posting Komentar